Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 83 Tahun 2017 tentang Pembinaan Pelaku Usaha Dalam Rangka Pengembangan Ekspor


It appears you don't have a PDF plugin for this browser. No biggie... you can click here to download the PDF file.

Abstrak

Peraturan ini dibentuk dalam rangka pelaksanaan Pasal 74 ayat (5) UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Ruang lingkup dari peraturan ini adalah mengatur pembinaan bagi pelaku usaha dalam rangka pengembangan ekspor yang meliputi: pemberian insentif, fasilitas, infomrasi peluang pasar, bimbingan teknis, serta bantuan promosi dan pemasaran untuk pengembangan ekspor.

info penting

-      Pembinaan dilakukan melalui pemberian:

ü  Insentif fiskal maupun non fiscal;

ü  Fasilitas;

ü  Informasi peluang pasar;

ü  Bimbingan teknis; dan/atau

ü  Bantuan promosi dan pemasaran.

-      Bertindak sebagai Pembina adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Gubernur dan Bupati/Walikota.

-      Pembinaan diutamakan bagi pelaku usaha berorentasi ekspor berskala usaha kecil dan menengah.

-      Pemberian insentif fiskal bidang kepabeanan merujuk pada Permenkeu No. 160 / PMK.04/2018 dan Permenkeu No. 161 / PMK.04/2018.

-      Pemberian insentif non fiskal, dapat berupa:

ü  Penyederhanaan persyaratan dan prosedur penerbitan izin

ü  Pendampingan dalam pengurusan pendaftaran kekayaan intlektual, sertifikatsi halal, sertifikasi mutu barang/jasa/profesi dan sertifikasi lain.

-      Pemberian fasilitas dapat berupa:

ü  Penyediaan ruang pamer produk ekspor secara fisik (dalam dan luar negeri) maupun virtual. Ruang pamer di luar negeri dapat berupa raung pamer di kedubes, di kantor perwakilan dagang dan/atau trading house.

ü  Layanan konsultasi desain, pendampingan tenaga ahli desain [ps 9 ayat (1)]

ü  Akses pelayanan konsultasi bisnis, temu usaha, penanganan kontak dagang (customer service center) [ps 10 ayat (1)]

ü  Penyediaan informasi secara daring mengenai: Analisa peluang pasar ekspor, produk eskpor, ringkasan pasar tujuan ekspor, data eskpor-impor-eksportir-pembelian dari luar negeri, promosi dagang dalam dan luar negeri, kontak dagang dari perwakilan perdagangan luar negeri dan fungsi ekonomi pada kedubbes RI di LN (pasal 11)

ü  Informasi secara daring ini terintegrasi dalam Sistem Informasi Perdagangan (Ps. 11 ayat (3).

-      Ada proses seleksi bagi pelaku usaha yang akan diberikan izin untuk memenfaatkan ruang pamer produk eskpor. Izin diberika untuk jangka waktu 1 tahun dan dapat diperpanjang 

-      Dibukanya kesempatan mengikuti kegiatan di pusat pengembangan desain berupa: klinik konsultasi desain, informasi dan referensi tren desain.

-      Bantuan promosi dan pemasaran dapat berupa: mengikutsertakan pelaku usaha dalam pemeran dagang internasional, ikut serta dalam misi dagang, pertemuan bisnis.

-      Syarat bagi pelaku usaha untuk memperoleh pembinaan:

ü  WNI

ü  Memiliki tanda daftar perush/NIB

ü  Produsen atau memperdagangkan barang/jasa ekspor

ü  Diutamakan pelaku usaha yang terdaftar di Dirjen Perdagangan LN

-      Berkas yang harus disiapkan pelaku usaha untuk memperoleh pembinaan:

ü  Fotokopi tanda daftar perushaan

ü  Surat pernyataan pelaku usaha bahwa produk ekspor telah memenuhi persyaratan

ü  Contoh produk/foto

ü  Informasi ringkas produk/profesi